BeritaDeli SerdangKesehatan

Tim Evaluasi Desa Percontohan Tiba Di  Medan Estate

516
×

Tim Evaluasi Desa Percontohan Tiba Di  Medan Estate

Sebarkan artikel ini

Deli Serdang,informasiRakyat.com

Tim evaliasi desa percontohan Kab Deli Serdang tiba di desa Medan Estate untuk meninjau,  mengevaluasi kegiatan 10 program PKK kategori PHBS pada ( 02/12 ).

Tim evaluasi diterima Kepala Desa Medan Estate Asdat Lubis didampingi Ketua PKK desa Medan Estate Ny. Nurlina Asdat lubis.

Sesuai kategori evaluasi desa Percontohan yang difokuskan kepada perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS  ) tingkat kab Deli Serdang tahun 2022, menunjau perkembangan desa setelah beberapa kali dilaksanakan pertemuan sebelumnya.

Rohani Jaya Manalu mengewakili TIM evaluasi kabupaten Deli Serdang dan  Veronika Sembiring mengewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang memonitor perkembangan poin poin  kategori yang akan dievaluasi.

Kami dari Tim Evaluasi telah beberapa kali melakukan pertemuan selanjutnya Tim akan melihat apakah warga atau masyarakat desa Medan Estate sudah menjalani PHBS, tegas Rohani.

Ini bukan persoalan dapat juara tetapi lebih kepada bagaimana para ibu kader PHBS mampu menggerakkan program yang telah tetapkan sehingga masyarakat dengan tidak terpaksa melakukan PHBS, kesadaran masyarakat menjadi poin penting, terang Rohani.

Sebelumnya Kepala Desa Medan Estate Asdat Lubis menyampaikan terima kasih atas kedatangan Tim Evaluasi Desa Percontohan 10 program PKK dengan kategori PHBS.

Kepada Tim, Kepala Desa Asdat Lubis membeberkan kondisi desa yang dipimpinnya.

Beliau hampir tidak bisa berbuat banyak soal sampah yang masih berserakan di pinggir badan jalan.

Telah diupayakan pendekatan kepada warga namun belum membuahkan hasil maksimal termasuk patroli rutin dilaksanakan,  ujar Asdat Lubis.

Ditengah keterbatasan kewengangan dalam pengelolaan sampah, selaku aparat desa tetap berupaya merangkul masyarakat agar sadar dan tidak sembarangan membuang sampah, sebutnya.

Saya selaku kepala desa berkomitmen membantu kecamatan persoalan sampah ini, karena yang paling terdampak adalah masyarakat desa ini, tutur Asdat Lubis.

Sedangkan Ketua PKK desa Medan Estate Ny. Nurlina Asdat lubis meng-expose kegiatan ibu PKK di sejumlah dusun dengan menanamkan agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan terutama di dalam rumah.

Harapan berikutnya dapat membangun kerja sama dengan kaum hawa yang perokok dapat membatasi diri tidak merokok di dalam rumah,  pintanya.

Kegiatan tersebut dihadiri pihak kecamatan, Babinsa, Babinkamtibmas,  seluruh kadus Medan Estate, seluruh ibu PKK dan seluruh undangan Medan Estate.

Dari pantauan media ini acara disertai dengan tarian adat Batak dan toktor bersama.

( Silalahi  ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *