Padang Sidempuan

Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan Seruan Hari Santri 2022

187
×

Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan Seruan Hari Santri 2022

Sebarkan artikel ini

P. Sidempuan, informasiRakyat.com

Berbudaya menjaga martabat kemanusiaan menjadi seruan atau thema yang diangkat pada peringatan hari Santri tahun ini.

Bertempat di lapangan Pondok Pesantren Wadi Al Quran Kec P. Sidempuan Batunadua, dilaksanakan peringatan hari Santri tahun 2022, Wali Kota P. Sidempuan bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dihadapan santri santriwati, Wali Kota membacakan sambut Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri.

Penetapan 22 Oktober tersebut, merujuk pada tercetusnya “Resolusi jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari pahlawan.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015,  setiap tahunnya selalu rutin diselenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda, seperti  tahun ini, peringatan hari santri mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”, terang Irsan.

Thema berdaya menjaga martabat kemanusiaan menunjukkan bahwa santri dalam kesejahteraannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak, santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendharmabhaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ujar Wali Kota Irsan.

Pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan ibu pertiwi, mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama, tambah Irsan.

Catatan di atas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja, sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat, santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam-macam, bahkan mereka menjadi pemimpin negara, pungkas Irsan dihadapan Wakil Wali Kota Arwin Siregar, Sekdako Letnan Dalimunthe, Kakankemenag P. Sidempuan, pimpinan OPD Kota P. Sidempuan serta tamu undangan lainnya

Wali Kota pun  mengajak semua pihak bahwa melalui momen peringatan Hari Santri ini untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. ( Red  )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *