Padang Sidempuan

Business Matching Tahap IV, Tindaklanjut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

151
×

Business Matching Tahap IV, Tindaklanjut Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Sebarkan artikel ini

P. Sidempuan, tribunSumut

Business Matching Tahap IV yang dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center pada ( 06/10 ) merupakan tindaklanjut gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Gerakan bangga buatan Indonesia merupakan arahan Presiden RI Jokowi di Jakarta Convention Center pada Mei lalu yang dihadiri para kepala daerah.

Demikian dijelaskan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan setda Kota P. Sidempuan kepada awak media ini melalui whatsApp.

Wali Kota P. Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH  menghadiri acara  Business Matching Tahap IV di Bali Nusa Dua Convention Center.

Kegiatan tersebut dilaksabakan dua hari dari ( 06 -07/10 ) dan dibuka  Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Diacara itu hadir sejumlah Menteri Kabinet Kerja,  diantaranya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, serta Perwakilan Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan acara ini bertujuan untuk mendengarkan masukan serta berdiskusi langsung terkait peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Bussiness Matching ini merupakan forum sharing yang mempertemukan pemerintah daerah dengan produsen barang dalam negeri dengan maksud agar pemerintah daerah membelanjakan barang-barang produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan daerah, ujar Luhut Panjaitan

Kegiatan ini tidak akan berhenti di Bali, ini merupakan kick of komitmen, dimana seluruh Kementrian/Lembaga, BUMN dan pemerintah daerah sudah menandatangani komitmennya untuk belanja produk dalam negeri, ujarnya.

Menko menuturkan bahwa seluruh daerah harus kompak dalam pelaksanaan program bangga buatan Indonesia ini.

Jika kita kompak, bersama dan bergandeng tangan, tentunya kita akan bisa mengatasi inflasi dan menghapus kemiskinan di negara ini, kedepan seluruh teman-teman Gubernur dan Bupati/Walikota agar bisa melaksanakan belanja produk lokal melalui e-catalog, tutup Luhut Panjaitan.

Usai mengikuti,  Wali Kota P. Sidempuan Irsan Efendi Nasution SH, MM mengatakan bahwa pemko P. Sidempuan siap dan berkomitmen untuk mendukung kebijakan nasional.

Karena memang peningkatan penggunaan produk lokal akan sangat membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM di Kota P. Sidempuan,  dengan adanya kebijakan dan regulasi yang jelas seperti ini tentu akan semakin membantu kami (Pemko P. Sidempuan) di daerah dalam menata dan mendorong pengembangan sektor UMKM , terang Irsan.

“Mengangkat produk UMKM dalam negeri melalui digitalisasi ataupun melalui sistem e-katalog, saya pikir sangat baik sekali, sebagai langkah bersama kita membuat bangsa ini semakin besar melalui P3DN, tuturnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang P3DN atau Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi, dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada salinan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah. ( SL  ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *